Pernahkah
kamu memperhatikan diri dan alam sekitarmu? Siapakah pencipta semua itu? Dialah
Allah swt. pencipta alam beserta seluruh isinya. Dia menciptakan semua itu
dengan kehendak dan kuasa-Nya. Oleh karena itu, kita harus meyakini, memahami,
serta meneladani sifat-sifat Allah swt. khususnya yang terkandung dalam Asmaul
Husna di dalam kehidupan kita.
Iman
kepada Allah merupakan rukun iman yang pertama sekaligus sebagai pondasi dari
rukun iman yang lain. Allah swt. adalah Zat yang Mahakuasa, yang menciptakan
alam beserta seluruh isinya sekaligus sebagai penjaga dan pengatur alam jagat
ini, yang tidak pernah merasa lelah, yang tidak pernah mengantuk, tidak pernah
tidur, dan tidak merasa berat menjaga keduanya. Dialah Allah swt. yang memiliki
sifat wajib, mustahil, dan jaiz sebagai sifat kesempurnaan-Nya.
A.
Sifat-Sifat Allah SWT.
Allah swt. adalah Zat Maha Pencipta dan
Pengatur seluruh alam beserta isinya. Dia Mahakuasa atas segala sesuatu. Dia
tidak pernah mengantuk dan tidak pernah tidur. Dia tidak pernah merasa berat
menjaga langit dan bumi beserta seluruh isinya. Allah swt. memiliki sifat
wajib, mustahil, dan jaiz yang dimiliki-Nya sebagai kesempurnaan-Nya. Sifat
wajib artinya sifat yang harus dimiliki oleh Allah sebagai sifat
kesempurnaan-Nya karena Dia adalah segala-galanya. Hal ini tercermin pada sifat
wajib yang 13 dan bila ditambah dengan sifat maknawiyah yang ada 7 buah akan
menjadi 20. Adapun sifat mustahil adalah sifat yang tidak mungkin dimiliki oleh
Allah. Sedangkan sifat jaiz, yaitu sifat wenang (bebas). Artinya, Allah bebas
berbuat sesuai dengan kuasa dan kehendak-Nya atau dengan kata lain, Allah
boleh berbuat atau tidak berbuat sesuai dengan keinginan-Nya.
Asmaul Husna adalah nama-nama yang baik bagi
Allah yang jumlahnya adalah 99 nama. Sebagai orang yang beriman, kita selalu
dianjurkan untuk menyebut-Nya. Hal ini tertera dalam hadis yang menyebutkan
tentang Asmaul Husna berbunyi sebagai berikut.
اِنَّ لِلَّهِ تِسْعَةً وَتِسْعِيْنَ
اِسْمَامَنْ حَفَظَهَادَخَلَ الْجَنَّةَ وَاِنَّ اللهَ وِتْرٌ وَيُحِبُّ
الْوِتْرَ (رواه ابن ماجه)
Artinya:
Sesungguhnya Allah mempunyai sembilan puluh sembilan nama. Barang siapa
menghapalnya (dengan meyakini kebenarannya) ia masuk surga. Sesungguhnya Allah
Maha ganjil (tidak genap) dan senang sekali pada sesuatu yang ganjil." (HR
Ibnu Majah).
Adapun sifat-sifat wajib dan sifat-sifat
mustahil bagi Allah adalah sebagai berikut.
No
|
Sifat
wajib
|
Artinya
|
Sifat
mustahil
|
Artinya
|
1
|
Wujud
|
Ada
|
Adam
|
Tidak
ada
|
2
|
Qidam
|
Terdahulu
|
Hudus
|
Baru
|
3
|
Baqa
|
Kekal
|
Fana
|
Lenyap
|
4
|
Mukhalafatuhu
lil hawadis
|
Berbeda
dengan yang baru
|
Mumasalatuhu
lil hawadis
|
Serupa
dengan yang baru
|
5
|
Qiyamuhu
binafsih
|
Berdiri
dengan sendiri-Nya
|
Ihtiyaju
bigairih
|
Berhajat
kepada yang lain
|
6
|
Wahdaniah
|
Esa
|
Ta’addud
|
Berbilang/berjumlah
|
7
|
Qudrat
|
Berkuasa
|
Ajzu
|
Lemah
|
8
|
Iradat
|
Berkehendak
|
Karahah
|
Terpaksa
|
9
|
I1mu
|
Mengetahui
|
Jahlun
|
Bodoh
|
10
|
Hayat
|
Hidup
|
Maut
|
Mati
|
11
|
Sama
|
Mendengar
|
Summun
|
Tuli
|
12
|
Basar
|
Melihat
|
Umyun
|
Buta
|
13
|
Kalam
|
Berfirman
|
Bukmun
|
Bisu
|
Apabila sifat-sifat tersebut ditambah dengan
sifat maknawiyah sebanyak tujuh sifat, maka akan menjadi 20, yaitu sebagai
berikut.
No
|
Sifat
Maknawiyah
|
Artinya
|
1
|
Qadiran
|
Mahakuasa
|
2
|
Muridan
|
Maha
Berkehendak
|
3
|
Aliman
|
Maha
Mengetahui
|
4
|
Hayyan
|
Mahahidup
|
5
|
Sami'an
|
Maha
Mendengar
|
6
|
Basiran
|
Maha
Melihat
|
7
|
Mutakalliman
|
Maha
Berfirman
|
Selain sifat wajib dan mustahil tersebut,
Allah juga mempunyai sifat jaiz yang artinya boleh (bebas). Maksudnya, Allah
bebas berbuat sesuatu dan bebas pula tidak berbuat sesuatu sesuai dengan kehendak
dan kuasa-Nya.
TUGAS
Sebutkan cara menghayati sifat Allah dalam
kehidupan pribadimu! Buatlah dalam bentuk tabel!
B.
Sifat Allah dalam Asmaul Husna
Selain sifat kesempurnaan Allah swt.
sebagaimana telah disebutkan, Allah juga mempunyai nama-nama baik yang
jumlahnya 99. Sebagai orang yang beriman, kita dianjurkan untuk selalu
menyebut-Nya. Firman Allah swt.
Artinya:
Allah mempunyai Asmaul Husna (nama-nama yang agung sesuai dengan sifat-sifat
Allah), maka memohonlah kepada-Nya dengan menyebut Asmaul Husna itu dan
tinggalkanlah orang-orang yang menyimpang dari kebenaran dalam (menyebut) nama-nama-Nya.
Nanti mereka akan mendapat balasan terhadap apa yang telah mereka
kerjakan." (QS Al A’raf: 180).
RISALAH
Surah Al lkhlas merupakan sebuah surah dalam Al
Quran yang berisi ketegasan dan kesaksian tauhid kepada Allah swt. Di dalamnya
sifat keesaan Allah dan beberapa Asmaul Husna-Nya benar-benar menjadi titik
sentral. Konsekuensinya adalah bahwa Allah tidak akan menerima dosa yang
bernama syirik atau menyekutukan-Nya dengan sesuatu yang lain.
Rasulullah Saw bersabda.
اِنَّ لِلَّهِ تِسْعَةً وَتِسْعِيْنَ
اِسْمَامَنْ حَفَظَهَادَخَلَ الْجَنَّةَ وَاِنَّ اللهَ وِتْرٌ وَيُحِبُّ
الْوِتْرَ (رواه ابن ماجه)
Artinya:
"Sesungguhnya Allah mempunyai sembilan puluh sembilan nama. Barangsiapa
menghafalnya (dengan meyakini akan kebenarannya), is masuk surga. Sesungguhnya
Allah itu Mahaganjil (tidak genap) dan senang sekali pada sesuatu yang ganjil."(HR
Ibnu Majah).
Adapun Asmaul Husna sebagaimana difirmankan
Allah swt. dalam Al Quran dan disabdakan oleh Rasullullah saw. jumlahnya ada
99, yaitu sebagai berikut.
No
|
Asmaul
Husna
|
Artinya
|
Ayat
Rujukan
|
1
|
Ar
Rahman
|
Maha
Pemurah
|
(QS
Al Fatihah: 3)
|
2
|
Ar
Rahim
|
Maha
Pengasih
|
(QS
Al Fatihah: 3)
|
3
|
Al
Malik
|
Maharaja
|
(QS
Al Mu'minun: 116)
|
4
|
Al
Quddus
|
Mahasuci
|
(QS
Al Jumuah: 1)
|
5
|
As
Salam
|
Mahasejahtera
|
(QS
Al Hasyr: 23)
|
6
|
Al
Mu'min
|
Maha
Terpercaya
|
(QS
Al Hasyr: 23)
|
7
|
Al
Muhaimin
|
Maha
Memelihara
|
(QS
Al Hasyr: 23)
|
8
|
Al
`Aziz
|
Mahaperkasa
|
(QS
Ali Imran: 62)
|
9
|
Al
Jabbar
|
Kehendaknya
Tak Dapat Diingkari
|
(QS
Al Hasyr: 23)
|
10
|
Al
Mutakabbir
|
Memiliki
Kebesaran
|
(QS
Al Hasyr: 23)
|
11
|
Al
Khaliq
|
Maha
Pencipta
|
(QS
Ar Ra'd: 16)
|
12
|
Al
Bari'
|
Mengadakan
dari Tiada
|
(QS
Al Hasyr: 24)
|
13
|
Al
Musawwir
|
Membuat
Bentuk
|
(QS
Al Hasyr: 24)
|
14
|
Al
Gaffar
|
Maha
Pengampun
|
(QS
Al Baqarah: 235)
|
15
|
Al
Qahhar
|
Mahaperkasa
|
(QS
Ar Ra'd: 16)
|
16
|
Al
Wahhab
|
Maha
Pemberi
|
(QS
Ali Imran: 8)
|
17
|
Ar
Razzaq
|
Maha
Pemberi Rezeki
|
(QS
Az Zariyat: 58)
|
18
|
Al
Fattah
|
Maha
membuka (hati)
|
(QS
Saba: 26)
|
19
|
Al
'Alim
|
Maha
Mengetahui
|
(QS
Al Baqarah: 29)
|
20
|
Al
Qabid
|
Maha
Pengendali
|
(QS
Al Baqarah: 245)
|
21
|
Al
Basit
|
Maha
Melapangkan
|
(QS
Ar Ra'd: 35)
|
22
|
Al
Khafid
|
Maha
Merendahkan
|
(HR
At Turmuzi)
|
23
|
Ar
Rafi'
|
Maha
Meninggikan
|
(QS
Al An'am: 83)
|
24
|
Al
Mu'iz
|
Maha
Terhormat
|
(QS
Ali Imran: 26)
|
25
|
Al
Muzill
|
Maha
Menghinakan
|
(QS
Ali Imran: 26)
|
26
|
As
Sami'
|
Maha
Mendengar
|
(QS
Al Isra: 1)
|
27
|
Al
Basir
|
Maha
Melihat
|
(QS
Al Hadid: 4)
|
28
|
Al
Hakam
|
Maha
Memutuskan Hukum
|
(QS
Al Mu'min: 48)
|
29
|
Al
`Adl
|
Maha
adil
|
(QS
AI An'am: 115)
|
30
|
Al
Latif
|
Maha
lembut
|
(QS
Al Mulk: 14)
|
30
|
Al
Khabir
|
Maha
Mengetahui
|
(QS
Al An'am: 18)
|
32
|
Al
Halim
|
Maha
Penyantun
|
(QS
Al Baqarah: 235)
|
33
|
Al
`Azim
|
Maha
agung
|
(QS
Asy Syura: 4)
|
34
|
Al
Gafur
|
Maha
Pengampun
|
(QS
Ali lmran: 89)
|
35
|
Asy
Syakur
|
Maha
Menerima Syukur
|
(QS
Fatir: 30)
|
36
|
Al
`Aliyy
|
Maha
tinggi
|
(QS
An Nisa: 34)
|
37
|
Al
Kabir
|
Maha
besar
|
(QS
Ar Ra'd: 9)
|
38
|
Al
Hafiz
|
Maha
Penjaga
|
(QS
Hud: 57)
|
39
|
Al
Mugit
|
Maha
Pemelihara
|
(QS
An Nisa: 85)
|
40
|
Al
Hasib
|
Maha
Pembuat Perhitungan
|
(QS
An Nisa: 6)
|
41
|
Al
Jalil
|
Maha
luhur
|
(QS
Ar Rahman: 27)
|
42
|
Al
Karim
|
Maha
mulia
|
(QS
An Naml: 40)
|
43
|
Ar
Raqib
|
Maha
Mengawasi
|
(QS
Al Ahzab: 52)
|
44
|
Al
Mujib
|
Maha
Mengabulkan
|
(QS
Hud: 61)
|
45
|
Al
Wasi'
|
Maha
luas
|
(QS
Al Baqarah: 268)
|
46
|
Al
Hakim
|
Maha
bijaksana
|
(QS
Al An'am: 18)
|
47
|
Al
Wadud
|
Maha
Mengasihi
|
(QS
Al Buruj: 14)
|
48
|
AI
Majid
|
Maha
mulia
|
(QS
Al Buruj: 15)
|
49
|
Al
Ba'is
|
Maha
Membangkitkan
|
(QS
Yasin: 52)
|
50
|
Asy
Syahid
|
Maha
Menyaksikan
|
(QS
Al Maidah: 117)
|
51
|
Al
Haqq
|
Maha
benar
|
(QS
Taha: 114)
|
52
|
Al
Wakil
|
Maha
Pemelihara
|
(QS
Al An'am: 102)
|
53
|
Al
Qawiyy
|
Maha
kuat
|
(QS
Al Anfal: 52)
|
54
|
Al
Matin
|
Maha
kokoh
|
(QS
Az Zariyat: 58)
|
55
|
Al
Waliyy
|
Maha
Melindungi
|
(QS
An Nisa: 45)
|
56
|
Al
Hamid
|
Maha
Terpuji
|
(QS
An Nisa: 31)
|
57
|
Al
Muhsi
|
Maha
Menghitung
|
(QS
Maryam: 94)
|
58
|
Al
Mubdi
|
Maha
Memulai
|
(QS
AI Buruj: 13)
|
59
|
Al
Mu'id
|
Maha
Mengembalikan
|
(QS
Ar Rum: 27)
|
60
|
Al
Muhyi
|
Maha
Menghidupkan
|
(QS
Ar Rum: 50)
|
61
|
Al
Mumit
|
Maha
Mematikan
|
(QS
Al Mu'min: 68)
|
62
|
Al
Hayy
|
Maha
hidup
|
(QS
Taha: 111)
|
63
|
Al
Qayyum
|
Maha
mandiri
|
(QS
Taha: 11)
|
64
|
Al
Wajid
|
Maha
Menemukan
|
(QS
Ad Duha: 6-8)
|
65
|
Al
Majid
|
Maha
Mulia
|
(QS
hud: 73)
|
66
|
Al
Ahad
|
Maha
Esa
|
(QS
Al lkhlas: 1)
|
67
|
Al
Wahid
|
Maha
Tunggal
|
(QS
Al Baqarah: 133)
|
68
|
As
Samad
|
Maha
Dibutuhkan
|
(QS
Al Ikhlas: 2)
|
69
|
Al
Qadir
|
Maha
kuat
|
(QS
Al Baqarah: 20)
|
70
|
Al
Muqtadir
|
Maha
Berkuasa
|
(QS
Al Qamar: 42)
|
71
|
Al
Mugaddim
|
Maha
Mendahulukan
|
(QS
Qaf: 28)
|
72
|
Al
Mu'akhkhir
|
Maha
Mengakhirkan
|
(QS
Ibrahim: 42)
|
73
|
Al
Awwal
|
Maha
Permulaan
|
(QS
Al Hadid: 3)
|
74
|
Al
Akhir
|
Maha
akhir
|
(QS
Al Hadid: 3)
|
75
|
Az
Zahir
|
Maha
nyata
|
(QS
Al Hadid: 3)
|
76
|
Al
Batin
|
Maha
gaib
|
(QS
Al Hadid: 3)
|
77
|
Al
Wali
|
Maha
Memerintah
|
(QS
Ar Ra'd: 11)
|
78
|
Al
Muta'ali
|
Maha
tinggi
|
(QS
Ar Ra'd: 9)
|
79
|
Al
Barr
|
Maha
dermawan
|
(QS
At Tur: 28)
|
80
|
At
Tawwab
|
Maha
Penerima Tobat
|
(QS
An Nisa: 16)
|
81
|
AI
Muntagim
|
Maha
Penyiksa
|
(QS
As Sajadah: 22)
|
82
|
Al
'Afuww
|
Maha
Pemaaf
|
(QS
An Nisa: 99)
|
83
|
Ar
Rauf
|
Maha
Pengasih
|
(QS
Al Baqarah: 207)
|
84
|
Malik
Al Mulk
|
Maha
Penguasa Kerajaan
|
(QS
Ali Imran: 26)
|
85
|
Zul
Jalal wa Al Ikram
|
Maha
Pemilik Keagungan dan Kemuliaan
|
(QS
Ar Rahman: 27)
|
86
|
Al
Mugsit
|
Maha
adil
|
(QS
An Nur: 47)
|
87
|
Al
Jami'
|
Maha
Pengumpul
|
(QS
Saba: 26)
|
88
|
Al
Ganiyy
|
Maha
kaya
|
(QS
Al Baqarah: 267)
|
89
|
Al
Mugni
|
Maha
Mencukupi
|
(QS
An Najm: 48)
|
90
|
Al
Mani'
|
Maha
Mencegah
|
(HR
At Turmuzi)
|
91
|
Ad
Darr
|
Maha
Pemberi Derita
|
(QS
Al An'am: 17)
|
92
|
An
Nafi'
|
Maha
Pemberi Keman-faatan
|
(QS
Al Fath: 11)
|
93
|
An
Nur
|
Maha
Bercahaya
|
(QS
An Nu 35)
|
94
|
Al
Hadi
|
Maha
Pemberi Petunjuk
|
(QS
Al Hajj: 54)
|
95
|
Al
Badi'
|
Maha
Pencipta
|
(QS
AI Baqarah: 117)
|
96
|
Al
Baqi
|
Maha
kekal
|
(QS
Taha: 73)
|
97
|
Al
Waris
|
Maha
Mewarisi
|
(QS
Al Hijr: 23)
|
98
|
Ar
Rasyid
|
Maha
pandai
|
(QS
Al Jin: 10)
|
99
|
As
Sabur
|
Maha
sabar
|
(HR
At Turmuzi)
|
1.
Ar Rahman
Sebagaimana dijelaskan dalam buku Menyingkap
Tabir Ilahi karya M. Quraish Shihab, semua kata yang terdiri dari huruf ra, ha,
dan mim, mengandung makna kelemahlembutan, kasih sayang, dan kehalusan. Akan
tetapi, khusus untuk nama dan sifat Ar Rahman yang juga berakar sama dengan
huruf-huruf tersebut tidak dapat disandang, kecuali hanya oleh Allah swt. Oleh
karena itu, ada ayat Al Quran yang mengajak manusia menyembah-Nya dengan
menggunakan kata Ar-Rahman sebagai ganti kata Allah atau menyebut kedua kata
tersebut sejajar dan bersamaan, yaitu sebagai berikut:
Artinya:
"Katakanlah; Serulah Allah atau serulah Ar Rahman. Dengan nama yang
mana saja kamu seru. Dia memunyai Asmaul Husna nama-nama yang terbaik."
(QS Al Isra: 110).
Berdasarkan
ayat tersebut, Allah adalah satu-satunya yang paling berhak disembah. Dalam
sebuah hadis qudsi dinyatakan bahwa Allah swt. berfirman yang artinya: "Aku
adalah Ar Rahman, Aku menciptakan rahim, Kuambilkan untuknya nama yang berakar
dari nama-Ku. Siapa yang menyambungnya (silaturahim) akan Kusambung (rahmat-Ku)
untuknya dan siapa yang memutuskannya, Kuputuskan (rahmat-Ku baginya)." (HR
Abu Daud dan At Turmuzi).
Muhammad Abduh berpendapat bahwa Ar Rahman
adalah rahmat Tuhan yang sempurna, tetapi sifatnya sementara dan yang
dicurahkan-Nya kepada semua makhluk, baik mukmin ataupun kafir. Akan tetapi,
karena sementaranya itu, maka is hanya berupa rahmat di dunia saja dan tidak
bersifat abadi. Rasulullah saw. memberikan sebuah ilustrasi melalui hadisnya
menyangkut besarnya rahmat Allah yang artinya: "Allah swt. menjadikan
rahmat itu seratus bagian, disimpan di sisi-Nya sembilan puluh sembilan dan
diturunkan-Nya ke bumi ini satu bagian; yang satu bagian inilah yang dibagi
pada seluruh makhluk, (yang tercermin antara lain) pada seekor binatang yang
mengangkat kakinya dari anaknya terdorongoleh rahmat kasih sayang, khawatir
jangan sampai menyakitinya." (HR Muslim).
Al Ghazali berpendapat bahwa buah yang
dihasilkan seseorang yang dihasilkan oleh sifat rahman ini pada kehidupan
seseorang, antara lain is akan menebarkan kasih sayang kepada sesamanya yang
lengah dan lemah serta mengalihkan hal tersebut menuju jalan Allah. Ia pun
tidak akan ragu mencurahkan kasih sayang tersebut kepada sesama manusia tanpa
memandang perbedaan suku, ras, atau agama bahkan tingkat keimanannya serta memberi
pula rahmat dan kasih sayang kepada makhluk-makhluk lain, baik yang hidup
maupun yang mati.
2.
Ar Rahim
Ketika disebutkan kata rahim, pasti yang
terlintas adalah ibu yang memiliki anak dan pikiran kita akan melayang pada
kasih sayang yang dicurahkan sang Ibu kepada anaknya. Tetapi, jangan diduga
bahwa sifat kasih sayang atau rahmat Tuhan akan sama dengan sifat rahmat ibu
tersebut. Kita harus meyakini bahwa kasih sayang Tuhan tidak akan pernah
sepadan dengan kasih sayang ibu. Allah adalah wujud yang tidak dapat
dipersamakan, baik dalam zat, sifat, dan perbuatan-Nya dengan apa pun. Rahmat
kasih sayang Allah tidak terhingga (QS Al Araf 156) dan dalam sebuah hadis
qudsi dinyatakan bahwa Allah swt. berfirman yang artinya, "Sesungguhnya
rahmat-Ku mengalahkan amarah-Ku." (HR Bukhari dan Muslim).
At Rahim artinya adalah Maha Pengasih dan
nama ini terdapat dalam Al Quran Surah Al Fatihah Ayat 3 sebagaimana pula nama
At Rahman. Sebagai mukmin kita menyebut nama ini beberapa kali, khususnya pada
saat salat. Melalui pemahaman akan sifat ini, kita dianjurkan untuk mencontoh
sifat Allah tersebut untuk diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Hanya saja
sifat At Rahim Allah sudah tentu dalam kapasitas dan substansi yang jauh lebih
sempurna dari sifat manusia.
Silaturahim adalah hubungan kasih sayang.
Rahim juga berarti peranakan (kandungan) yang melahirkan kasih sayang. Kerabat
pun dinamakan rahim karena kasih sayang yang terjalin di antara
anggota-anggotanya. Menurut Muhammad Abduh, kata rahim yang polanya menunjukkan
kemantapan dan kesinambungan, menunjuk kepada sifat zat Allah atau menunjukkan
kepada kesinambungan dan kemantapan nikmat-Nya. Kemantapan dan kesinambungan
hanya dapat terwujud di akhirat kelak. Di sisi lain, rahmat ukhrawi hanya
diraih oleh orang yang taat dan bertakwa sebagaimana diungkapkan dalam ayat
berikut ini.
Artinya:
"Katakanlah: Siapakah yang mengharamkan perhiasan dari Allah yang telah
dikeluarkan-Nya untuk hamba-hamba-Nya dan (siapa pulakah yang mengharamkan)
rezeki yang balk? Katakanlah: Semuanya itu (disediakan) bagi orang-orang yang
beriman dalam kehidupan dunia, khusus (untuk mereka saja) di hari kiamat.
Demikianlah Kami menjelaskan ayat-ayat itu bagi orang-orang yang
mengetahui." (QS Al Araf: 32).
3.
As Sahur
Arti dari As Sabur adalah Maha Penyabar.
Seseorang yang menahan gejolak hatinya dinamakan sabar. Ada yang memahami sifat
ini dalam arti melimpahkan kemampuan bersabar ke hati hambahamba-Nya.
Kemampuan bersabar bagi manusia memang diakui oleh para pakar ilmu jiwa. Salah
seorang di antaranya adalah Freud yang menyatakan bahwa manusia memiliki
kemampuan memikul sesuatu yang tidak disenanginya dan mendapat kenikmatan di
balik itu.
Sifat sabar yang dimiliki Allah swt. harus
kita contoh dan kita amalkan dalam kehidupan sehari-hari. Imam Ghazali
mengartikan kata As Sabur sebagai sikap yang tidak terdorong oleh ketergesaan
sehingga bergegas melakukan sesuatu sebelum waktunya, tetapi meletakkan sesuatu
dengan kadar tertentu dan memberlakukannya dengan aturan-aturan tertentu pula.
Uraian Al Quran tentang sabar adalah
kebajikan dan kedudukan tertinggi yang diperoleh seseorang karena kesabarannya.
Firman Allah dalam Al Quran.
Artinya:
"Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah yang dicukupkan pahala
mereka tanpa batas." (QS Az Zumar: 10).
Artinya:
"Hai orang-orang yang beriman, mintalah pertolongan (kepada Allah)
dengan sabar dan salat. Sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang
sabar." (QS Al Baqarah: 153).
Semua ganjaran amal ditetapkan Allah
kadarnya, kecuali ganjaran kesabaran sebagaimana disebutkan dalam ayat-ayat
tersebut. Oleh karena itu, puasa yang inti pelaksanaannya adalah sabar
dinyatakan oleh Allah melalui hadis qudsi "Puasa adalah untuk-Ku dan
Aku sendiri yang yang akan memberi (menetapkan ganjaran bagi pelakunya."
Sabar memang selalu pahit awalnya, namun akan berbuah manis pada akhirnya.
Hanya sekali Allah memberi kebebasan manusia untuk bersabar atau tidak, yaitu
ketika orang-orang durhaka dipersilakan masuk ke neraka (QS At Tur: 16).
Manusia yang meneladani sifat ini, dituntut untuk melaksanakan petunjuk Allah
tersebut dalam menjalani kesabaran sambil juga tetap menghayati makna As Sabur
sehingga dapat dilakukan sekuat kemampuan.
4.
Al Barr
Allah bersifat Al. Barr
dipahami bahwa Allah memberikan aneka anugerah untuk kemaslahatan makhluk-Nya.
Anugerah Allah sangat luas yang tidak terbilang atau tidak terhingga. Firman
Allah swt.
Artinya:
"Sesungguhnya kami dahulu menyembah-Nya. Sesungguhnya Dialah yang
melimpahkan kebaikan lagi Maha Penyayang." (QS At Tur: 28).
Ada pula yang memahami bahwa Allah senantiasa
menepati janji dan Dia selalu menghendaki kebaikan untuk hamba-hamba-Nya serta
kemudahan buat mereka (QS Al Baqarah: 185). Aneka anugerah diberikan Allah
semata-mata atas dasar kasih sayang-Nya. Adapun manusia kadang memberi kebaikan
atau melakukan sesuatu atas dasar pamrih atau ingin mendapatkan manfaat
tertentu dari hal tersebut. Seorang hamba yang meneladani sifat ini hendaknya
selalu mendasari sesuatu dengan maksud yang balk dan memberikan hal-hal yang
bermanfaat kepada manusia atau makhluk Allah yang lainnya. kita pun harus
senantiasa ingat bahwa Allah tidak menghendaki kesukaran bagi kita dan pasti
akan menepati janji-Nya.
5.
Asy Syakur
Asy Syakur diartikan sebagai Allah yang
mengembangkan dari amalan hamba-hamba-Nya meskipun sedikit dan melipatgandakan
ganjarannya (QS Al Baqarah: 261). Manusia wajib bersyukur atas segala karunia
yang diberikan Allah kepada kits. Firman Allah berkaitan dengan syukur ini,
antara lain sebagai berikut:
Artinya:
"Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu memaklumkan: Sesungguhnya jika kamu
bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu
mengingkari, maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih." (QS Ibrahim: 7).
Makna dan kapasitas Syakur Allah dan manusia
pasti berbeda. Pada hakikatnya, setiap pekerjaan atau sesuatu yang baik lahir
di alam ini adalah atas izin Allah semata. Apa yang balk dari did kita pun
berasal dari Allah semata. Oleh karena itu, pujian apa pun yang kita sampaikan
kepada siapa pun, akhirnya akan kembali pada Allah juga. Itulah sebabnya kita
diajarkan untuk mengucapkan hamdalah apabila kita bersyukur atas nikmat-Nya.
6.
Al Adil (Maha adil)
Pengertian adil secara umum
adalah meletakkan segala sesuatu pada tempatnya. Menurut pengertian Islam, adil
adalah menentukan suatu hukum berlandaskan kebenaran. Keadilan Allah adalah
keadilan yang hakiki dart berlaku bagi seluruh hamba-Nya. Firman Allah swt.
Artinya:
“Barang siapa yang mengerjakan amal saleh, maka (pahalanya) untuk dirinya
sendiri dan barang siapa berbuat jahat, maka (dosanya) atas dirinya sendiri dan
sekali-kali tidaklah Tuhanmu menganiaya hamba-Nya" (QS Fussilat: 46).
Berdasarkan ayat tersebut,
Allah menentukan hukuman dan pahala sesuai dengan keadilan-Nya. Oleh karena
itu, agar tidak terjadi kezaliman dalam kehidupan hamba-Nya, Allah
memerintahkan kepada manusia supaya berbuat adil terhadap sesamanya. Firman
Allah swt.
Artinya:
Sesungguhnya Allah menyuruh (kamu) berlaku adil dan berbuat kebajikan,
memberi kepada kaum kerabat, dan Allah melarang dari perbuatan keji,
kemungkaran dan permusuhan. Dia memberi pengajaran kepadamu agar kamu dapat
mengambil pelajaran. (QS. An
Nahl: 90)
7.
Al Gaffar (Maha Pengampun)
Manusia dalam hidupnya selalu mengalami tarik
menarik antara perbuatan dan buruk. Menurut Islam, perbuatan baik adalah
perbuatan yang sesuai dengan ketentuan agama. Jika menyimpang, maka perbuatan
itu termasuk perbuatan tidak baik dan berdosa. Dosa ada yang kecil dan ada yang
besar. Akan tetapi, barang siapa yang berdosa dan selama ia bertobat serta tidak
akan mengulangi perbuatan buruknya, maka ia akan diampuni oleh Allah karena Dia
Maha Pengampun.
Firman Allah SWT.
Artinya
: Tuhan langit dan bumi dan apa yang ada di antara keduanya Yang Maha Perkasa
lagi Maha Pengampun. ( QS. Sad : 66)
a.
Tauhid dalam ibadah dan doa, yaitu dengan
hanya menyembah dan memohon kepada
Allah SWT.
b.
Tauhid dalam dakwah dan pendidikan karena
hanya Allah yang kuasa membukakan pintu hati dan akal pikiran manusia.
c.
Tauhid dalam berekonomi, yaitu bahwa hanya
Allah yang mampu membukakan pintu rezeki umat manusia.
d.
Tauhid dalam manfaat, yaitu bahwa Allah kuasa
memahami manfaat dan keberhasilan pada diri manusia serta mencabutnya.
e.
Tauhid dalam mudarat, yaitu hanya Allah yang
mampu mendatangkan dan menghilangkan bencana, petaka dan musibah.
f.
Tauhid dalam ucapan, yaitu bismillah,
alhamdulillah, insya Allah, dan lain-lain.
8.
Al Hakim (Mahabijaksana)
Semua makhluk yang diciptakan Allah tidak ada
yang sia-sia karena satu dengan yang lainnya selalu terkait dan Baling
membutuhkan. Semuanya itu berdasarkan kebijaksanaan Allah. Demikian pula ketika
Allah menentukan suatu perintah kepada manusia. Apabila dalam keadaan yang
sulit, Allah memberikan keringanan, tetapi bila keadaan sudah biasa, maka
keringanan itu kembali seperti semula. Firman Allah SWT.
Artinya:
"Dan Dialah Tuhan (yang disembah) di langit dan Tuhan (yang disembah)
di bumi dan Dialah Yang Maha bijaksana lagi Maha Mengetahui. " (QS Az
Zukhruf : 84).
9.
Al Maliku (Maha Merajai)
Allah-lah yang merajai seluruh alam semesta.
Artinya, kekuasaan Allah tidak ada batasnya. Dengan kekuasaan itu, Allah
mengatur dan memimpin makhluk-Nya yang dilandasi sifat kesempurnaan-Nya serta
tidak ada satu pun yang terlepas dari kemahakuasaan-Nya. Firman Allah SWT.
Artinya:
'Maka Mahatinggi Allah, Raja yang sebenarnya, tidak ada Tuhan selain Dia. Tuhan
(yang memunyai) Arsy yang mulia. " (QS Al Mukminun: 116).
10. Al
Hasib (Maha Menghitung)
Allah menciptakan alam semesta beserta isinya
berdasarkan perhitungan yang teliti dan tepat. Artinya, segala sesuatu tercipta
sesuai dengan kadarnya masing-masing. Demikian pula dengan perhitungan amal
manusia selama hidup di dunia. Baik atau buruknya amal tersebut akan mendapat
balasan seadil-adilnya di akhirat kelak karena tidak ada kesulitan bagi Allah
untuk menghitungnya. Firman Allah SWT.
Artinya:
“Apabila kamu dihormati dengan suatu penghormatan, maka balaslah penghormatan
itu dengan yang lebih baik, atau balaslah (dengan yang serupa). Sesungguhnya Allah memperhitungkan segala
sesuatu.” (QS An Nisa: 86).
Beriman kepada Allah swt. dengan sifat dan
asma-Nya harus dihayati dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Demikian
pula ketika kita berdoa, hendaknya terlebih dahulu menyebut asma-Nya (lihat QS
Al A'raf 180).
TUGAS
Sebutkan minimal dua puluh Asmaul Husna selain
yang terdapat dalam pembahasan sub bab ini beserta cara menghayatinya dalam
kehidupan sehari-hari! Buatlah dalam bentuk table
C.
Tanda Penghayatan Iman Kepada Allah
Dalam kehidupan sehari-hari,
manusia harus mencontoh dan mengamalkan sifat-sifat Allah yang tertera dalam
Asmaul Husna sebagaimana sudah disebutkan. Agar manusia dapat melaksanakan hal
tersebut, manusia harus menundukkan dan menjinakkan hawa nafsunya. Mengenai
hawa nafsu, Allah swt berfirman dalam Al-Qur’an.
Artinya:
"Sesungguhnya nafsu itu selalu menyuruh kepada kejahatan, kecuali nafsu
yang diberi rahmat oleh Tuhan-ku. Sesungguhnya Tuhan-ku Maha Pengampun lagi
Maha Penyayang." (QS Yusuf: 53).
Imam Ghazali juga menyatakan bahwa hawa nafsu
lebih berbahaya bagi manusia daripada setan. Jika manusia mampu menundukkan
hawa nafsunya, maka is mampu menundukkan setan karena setan menggunakan hawa
nafsu manusia untuk menjerumuskan dirinya sendiri.
Orang yang benar-benar menghayati terhadap
iman kepada Allah, tentu dia memiliki tanda sebagai cermin penghayatannya
tersebut. Ada pun tanda-tandanya, antara lain sebagai berikut :
1.
Rajin beribadah, baik ibadah mahdah maupun
gairu mahdah.
2.
Berbudi luhur dan memiliki sopan santun, baik
dalam perbuatan maupun perkataannya.
Rasulullah
saw. bersabda sebagai berikut.
عَنْ
اَبِى هُرَيْرَةَ قَلَ رَسُوْلُ اللهِ صلعم مَنْ كَانَ يُؤْ مِنُ بِاللهِ
وَالْيَوْمِ اْلاَخِرِ فَلاَ يُؤْذِ جَارَهُ وَمَنْ كَانَ يُؤْمِنُ بِاللهِ
وَاْلاَخِرِ فَلْيُكْرِمْ ضَيْفَهُ وَمَنْ كَانَ يُؤْمِنُ بِاللهِ وَالْيَوْمِ
اْلاَخِرِ فَلْيَقُلْ خَيْرًا اَوْلِيَصْمُتْ (رواه البخارى)
Artinya:
"Barang siapa beriman kepada Allah maupun hari akhir, janganlah menyakiti
tetangganya. Barang siapa yang beriman kepada Allah dan bari akhir, hendaklah
memuliakan para tamunya, dan barang siapa beriman kepada Allah dan hari akhir
hendaklah is berkata baik atau diam saja." (HR Bukhari).
3.
Bersifat sabar, tabah, dan tawakal.
4.
Bersyukur atas nikmat dari Allah SWT.
5.
Tidak cepat putus asa dalam menghadapi cobaan
dan ujian dari Allah SWT.
6.
Yakin akan keadilan Allah karena setiap perbuatan
pasti akan ada balasannya yang setimpal.
Posting Komentar